Jalin bisnis dengan Yang Maha Kuasa

Saturday 16 June 2012

Berbisnis dengan Yang Maha Kuasa
Dalam banyak ayat-ayat Al-Quran kita temukan penjelasan tentang betapa bagusnya hubungan bisnis yang satu ini. Yaitu, berbisnis dengan Yang Maha Kaya, Maha Adil dan Bijaksana, Ya! Bisnis ini jauh melebihi nilai bisnis dengan Abu Rizal Bakrie, orang terkaya nomor 1 (satu) di Asia Tenggara itu, atau nilai bisnis dengan Mr Bill Gates, sosok yang dikenal sebagai orang terkaya sedunia.

Ya! Bisnis Ini sangat jauh lebih besar dari itu, karena ini adalah suatu jalinan bisnis yang kita buat dengan Sang Pemilik alam semesta ALLAH SWT, adakah yang lebih hebat dari-Nya?
  • Penasaran? bisnis macam apakah itu?
Perhatikan firman ALLAH SWT berikut :

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat-gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rizki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”. (Qs. Al-Baqarah : 45).

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka“. (At Taubah: 111)

Dan berbagai ayat yang bernada serupa lainnya, menegaskan betapa mulianya jika kita menjalin hubungan bisnis dengan ALLAH SWT.
  •     Bagaimana caranya?
Secara pribadi saya berfikir, kita perlu membagi secara tegas berbagai bisnis yang kita jalani kedalam 2 (dua) bagian, bagian  pertama adalah bisnis pada ALLAH SWT, dan kedua adalah bisnis kita dengan sesama makhluk.

Misalkan saja, sebagai contoh, jika kita punya beragam bisnis sebagai berikut:
Bisnis warnet, percetakan, kursus, rumah makan, bisnis online

Maka, harus ada salah satu atau beberapa dari bisnis tersebut yang kita pisahkan dari nafsu dan kepentingan meraih keuntungan duniawi dengan mengalihkannya kepada kepentingan umat. Sesuai dengan ragam bisnis dalam contoh diatas, letakkanlah kita jadikan bisnis kursus sebagai bentuk bisnis kita pada ALLAH SWT, dengan cara memberikan jasa kursus / private gratis bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan tambahan skill atau peluang diluar sana.
  •     Merugi?
Sungguh tiada merugi jika kita melakukan transaksi “bisnis” ini, mengapa ragu atau takut merugi? Padahal ALLAH SWT sedikit pun tidak akan lupa akan kebaikan yang diperbuat hamba-hambaNya. Bahkan dalam suatu ayat dikatakan, ALLAH SWT akan melipat gandakan setiap kebaikan yang kita lakukan dengan keikhlasan sebanyak 700 kali lipat. Subhanallah! Artinya, jika kita mengeluarkan biaya 10.000 untuk bisnis dengan diri-Nya ini, dalam perhitungan ALLAH SWT kita telah mengeluarkan Rp. 7.000.000 untuk kebaikan … Alhamdulillah :)

ALLAH SWT adalah Yang memberikan kita rizki dan Ia juga lah mampu mencabutnya. Dengan memanfaatkan rizki yang telah Ia berikan dalam kebaikan, itu artinya kita mensyukuri rizki tersebut dengan cara dan sikap yang terbaik, Maka bagaimana mungkin kesuksesan dan kemudahan tidak akan kita peroleh dari-Nya?

Jika ingin bisnis yang kita jalin dengan sesama makhluk berlangsung dengan sukses, sudah sepatutnya kita mensukseskan juga bisnis kita dengan Yang Maka Kaya ALLAH SWT.

Keputusan selanjutnya ditangan anda saudaraku. ALLAHU A’LAM BISSHAWAB  :)  (ant/kh)

Editor : Andriyarusman | RangGa
[mitra solusindo] Copyright © AKLI Tuban 2012
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AKLI DPC TUBAN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger